Praktik Mengajar (2)



Komentar

  1. Observer : Salma Labibah
    Guru : Mega Bintang S.H

    A. Content Knowlege
    1. Pemilihan materi konten yang Mega gunakan sudah tepat dan sesuai dengan lingkungan siswa, yaitu mengenai Love Your Environment pada Teks Deskripsi. Materi ini bisa membangun siswa untuk selalu mencintai dan menjaga lingkungan sekitar mereka.
    2. Pada penguasaan konten, Mega sudah menguasainya dengan sangat baik. Cara Mega yang menyampaikan semua konten dengan percaya diri, sangat terstruktur dan sesuai dengan modul ajar yang dirancangnya.
    3. Contoh dan ilustrasi yang Mega berikan sudah jelas, sesuai dengan materi dan mempermudah pemahaman siswa.

    B. Class Organization
    1. Pada saat mengajar, Mega sudah menyampaikan tujuan pembelajaran pada kegiatan awal dengan sangat jelas kepada seluruh siswa.
    2. Keterkaitan antara penyampaian materi dengan tujuan pembelajarannya sudah relevan dan terhubung satu sama lain.
    3. Urutan kegiatan mengajar Mega sudah sangat terstruktur, rapih dan interaktif.
    4. Metode yang Mega gunakan dalam pembelajaran kali ini sudah efektif dan interaktif dengan semua siswa terlibat aktif dikelas dalam kegiatan diskusi, maupun tanya jawab.
    5. Manajemen waktu Mega mengajar sudah baik dari praktik mengajar yang pertama. Mega hanya lebih 1 menit 4 detik dengan waktu yang sudah ditentukan, hal ini tentu lebih baik dari praktik mengajar sebelumnya karena yang pertama Mega kelebihan 4 menit 1 detik.

    C. Presentation
    1. Pada saat mengajar, Mega menggunakan variasi suara untuk menarik perhatian siswa dengan intonasi yang tepat, jelas, tegas, dan konsisten. Tetapi cara bicara Mega masih sangat cepet seperti pada praktik mengajar yang pertama.
    2. Pada kegiatan mengajar, Mega sering berkontak mata dengan siswa secara langsung dengan gerak tubuh yang santai dan secara langsung berinteraksi dengan siswanya.
    3. Kejelasan penjelasan materi oleh Mega sudah sangat jelas, tetapi untuk mudah dipahami mungkin tidak semua siswa mudah memahami karena cara bicara mega yang masih cepat. Jadi akan lebih baik jika mengurangi kecepatan berbicaranya agar semua siswa bisa mengerti dan memahami materi dengan baik.

    D. Student Engagement
    1. Pertanyaan yang diajukan oleh Mega cukup efektif membuat siswa berpartisipasi dengan aktif di kelas.
    2. Pada kegiatan mengajar, Mega menciptakan suasana yang nyaman dengan siswanya, sehingga menciptakan hubungan yang hangat dan ramah.
    3. Mega cukup mendorong untuk diskusi antar siswa tetapi kurang mendorong siswa untuk bertanya.
    4. Mega memberikan tanggapan yang cepat dan tepat terhadap jawaban yang diberikan oleh setiap siswa.
    5. Pada kegiatan pembelajaran, Mega mendorong terjadinya interaksi antar siswa, misalnya dalam kegiatan diskusi kelompok.

    E. English Skills
    1. Mega sudah cukup lancar dalam berbicara, tapi terkadang Mega masih memunculkan suara "emm" dibeberapa kegiatan.
    2. Pengucapan dan tata bahasa Mega sudah cukup benar dan sesuai dengan kaidah bahasa inggris.
    3. Mega juga sudah menggunakan kosakata yang tepat dan variatif dalam mengajar.

    F. Technology Integration
    1. Pada kegiatan pembelajaran kali ini, Mega masih menggunakan alat digital berupa Canva untuk PPT ketika menyampaikan materi, hal ini membuat presentasi lebih menarik dan interaktif.
    2. Alat digital yang digunakan sudah sesuai dan relevan dengan materi yang disampaikan.

    Hanya ini feefback yang bisa saya sampaikan untuk praktik mengajar Mega. Secara keseluruhan sudah sangat baik dan lebih baik dari praktik mengajar yang pertama, hanya saja mega masih harus mengurangi kecepatan suaranya saat mengajar agar seluruh siswa bisa menangkap jelas penjelasan materi yang diberikan dan tentunya agar semua siswa bisa paham mengenai materi yang diberikan.

    BalasHapus
  2. Mega telah memilih konten pengajaran yang sesuai untuk siswa kelas 11 SMA. Ia menunjukkan penguasaan materi yang sangat baik, didukung oleh pengalaman dari praktik mengajar sebelumnya hingga praktik mengajar kedua. Dalam menjelaskan materi, Mega juga menggunakan ilustrasi yang jelas sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan.

    Di awal pembelajaran, Mega menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas. Urutan kegiatan mengajar yang ia terapkan sudah sesuai dengan modul ajar yang telah disusunnya. Metode dan teknik pengajaran yang digunakan cukup menarik, salah satunya adalah memberikan *ice-breaking* sebelum memulai pembelajaran, sehingga berhasil menarik perhatian siswa.

    Suara dan intonasi Mega terdengar jelas. Namun, kecepatan bicaranya masih dapat ditingkatkan agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Kontak mata dengan siswa telah terjalin dengan baik, didukung oleh gerakan tubuh yang ekspresif. Selain itu, pelafalan Mega sudah baik dan terdengar profesional.

    Mega memberikan pertanyaan yang sangat efektif kepada siswa, di mana siswa mampu menjawabnya dengan antusias. Hal ini karena pertanyaan yang diajukan cukup relevan dan tidak terlalu sulit. Hubungan antara Mega sebagai pengajar dengan siswa terlihat hangat dan ramah, tercermin dari ekspresi cerianya. Mega juga mendorong siswa untuk aktif dalam berdiskusi selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

    Dalam penggunaan bahasa Inggris, Mega menunjukkan kelancaran yang luar biasa. Pilihan kosa kata yang digunakan sesuai untuk siswa kelas 11 SMA, dengan pelafalan yang jelas dan tepat. Media digital yang digunakan oleh Mega, yaitu PowerPoint, sangat mendukung proses pembelajaran. Media ini tidak hanya meningkatkan interaktivitas siswa, tetapi juga terbukti efektif dan relevan dengan materi yang diajarkan oleh Mega.

    BalasHapus

Posting Komentar