MODUL AJAR BAHASA INGGRIS
Informasi Umum
Nama Penyusun : Mega Bintang Sifaul Husna
Fase : F SMA
Kelas / Semester : 11 / Ganjil
Materi Pokok : Descriptive Text
Sub Materi : Love Your Environment
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Domain Mapel : Reading-Viewing
Profil Pelajar Pancasila :
Komponen Inti
Capaian Pembelajaran
Elemen | Deskripsi |
Membaca-Memirsa (Reading-Viewing) | Peserta didik membaca dan merespons berbagai jenis teks secara mandiri. Peserta didik membaca untuk mempelajari sesuatu dan membaca untuk hiburan. Peserta didik mencari, membuat sintesis dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal atau interaktif. Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai jenis teks. Peserta didik mengidentifikasi tujuan penulis dan melakukan inferensi untuk memahami informasi tersirat dalam teks. |
Tujuan Pembelajaran
Mengidentifikasi informasi tersurat Descriptive Text.
Mampu mensintesis dan mengevaluasi informasi inti dan informasi spesifik Descriptive Text.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan |
Guru menyapa peserta didik dan melakukan doa bersama. Guru mengecek kehadiran peserta didik. Peserta didik mereviu pembelajaran sebelumnya. Peserta didik diberikan ice breaking sederhana untuk memotivasi peserta didik sebelum memulai pembelajaran. Misalnya dengan mengadakan permainan “The last-standing man”. Guru menyebutkan contoh sampah, dan peserta didik harus menentukan sampah tersebut termasuk ke dalam sampah jenis apa. Bagi peserta didik yang tidak dapat menentukan maka akan keluar dari permainan dan kembali duduk.
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXc3hE4B4guxKwhVdGbVEHR9bbTNxRb6VSUqT5xubx5cvc9JdavNsfBKmx1GHyJ64elCeHVCoSVj1-htqv26LgegaKVjXwg6J-GZzOA6Sn5cq2abMzubaUwjYmWF3yuNavpHi3162g?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
Gambar 1. 5 jenis sampah Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran pada hari ini agar menjadi motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran hari ini dengan seksama. Guru menyampaikan secara singkat langkah pembelajaran dan teknik penilaian yang akan dilakukan.
|
Kegiatan Inti |
Guru melakukan apersepsi dengan menunjukan sebuah gambar dan mengajukan beberapa pertanyaan pemantik berdasarkan gambar tersebut.
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXeNlSTWyV7U_YBNdNZXUF9izOQWnfU2N47Bb5SNaz8Wh4k3sph9-VynfGKXYtmLogC3zJ2M5gCPchtc3pO4MEH-UhXQ97ZuF5cc5VFC9tuWUnMtXg2bO8ZooWyiC0-N30JqweFB?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
Gambar 2. Gunungan Sampah Gambar 3. Memungut Sampah https://l1nq.com/mongobay https://l1nq.com/memungutsampah
Question: What can you say about picture 1? What do you see in picture 2? Why do we need to care for our environment?
Guru memberikan contoh singkat model descriptive text berjudul “Why We Need to Stop Plastic Pollution in Our Oceans” melalui video.
Link: https://youtu.be/Yomf5pBN8dY?si=JtWPYVgFV1uTgPyV ![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXetb4zp8IC1wIUdFJSriyJO866JI4Ez220-840kY5ZWGQK5v5E5QdaA4e0UbnP-dUulp5NqlYWzyPm0ubsP1I-PNxDR8sVGTns125N8T6YjhYHr93QM4DwIXWUaPiW4BmKxEP9jDA?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
Peserta didik menyimak dan memperhatikan informasi tersurat dari model descriptive text untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakan oleh guru.
Question: What is meant by "throwaway plastics" in this video? How much plastic is estimated to enter the ocean each year? How does plastic affect marine life, such as turtles, and plankton?
Peserta didik bersama guru mendiskusikan jawaban yang peserta didik dapatkan dari video yang sudah mereka lihat.
Guru meminta peserta didik berkelompok yang terdiri dari 4 orang. Teknik pengelompokannya yaitu dari 36 peserta didik secara bergantian menyebutkan angka 1 sampai 9. Sehingga terdapat 9 kelompok. Peserta didik membaca informasi tentang waste bank in Indonesia yang terdapat dalam buku teks Bahasa Inggris Kelas XI Halaman 81.
Teks lengkap disajikan di Lampiran 1 Peserta didik melakukan kegiatan Jot Thoughts dengan menuliskan sintesis dari setiap anggota kelompok dari teks yang sudah mereka baca. (LKPD 1)
Guru membimbing peserta didik selama kegiatan berlangsung. Setiap kelompok berbagi informasi hasil sintesis dan mendiskusikan jawabannya dengan guru.
Peserta didik secara individu membaca teks yang terdapat dalam buku teks Bahasa Inggris Kelas XI Halaman 83.
Teks lengkap disajikan di Lampiran 2 Peserta didik melengkapi pertanyaan yang sudah disajikan dalam buku teks Bahasa Inggris halaman 83 sampai 84. (LKPD 2)
Peserta didik mengumpulkan hasil identifikasi pada LKPD 2 dan akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
|
Kegiatan Penutup |
Peserta didik diminta menyimpulkan pembelajaran hari ini. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran dengan menyampaikan:
Kompetensi apa saja yang sudah dipahami Kompetensi apa saja yang belum dipahami Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran Peserta didik dengan memilih emoji yang sesuai dengan yang mereka rasakan terhadap hasil belajar hari ini
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXehTlutuCKFaEwcj6vwc1_fjl2yp5aMg0U--zSJ3TfrrrzvpQ73RlcwV8v82I9077CjVgM58rrvRSNBkBA1ZZCY_0waUKWryk_CgN0MEJopOIrV66RwOaGlF302QKqqzirTqqKX?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
Refleksi ini dapat dilakukan dengan menggunakan Google Form. Link gform: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfgoLtz-Gvoc6XdfhX2Xh3U9w4CG3XPOmsHKdTW_5rmlfQoAQ/viewform?usp=pp_url Peserta didik diberikan penguatan oleh guru baik secara lisan maupun melalui PPT. Peserta didik diberikan penugasan untuk membaca referensi lain terkait descriptive text. Guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya. Peserta didik memimpin untuk menutup pembelajaran dengan berdoa.
|
d. Assessment
No | Aspek yang dinilai | Kriteria | Skor |
1 | Pemahaman Isi Teks | Menunjukan pemahaman penuh terhadap isi teks, dapat menjelaskan detail penting dengan akurat. menunjukkan pemahaman yang baik terhadap isi teks, namun ada beberapa detail yang kurang tepat. Memahami sebagian besar isi teks, namun ada kesalahan dalam penjelasan beberapa detail penting. Sulit memahami isi teks dan banyak informasi penting yang terlewat atau salah dipahami.
| 4
3
2
1 |
2 | Identifikasi Detail Utama | Dapat mengidentifikasi semua detail utama dan relevan dari teks dengan sangat baik. Mengidentifikasi sebagian besar detail utama, namun ada beberapa detail yang terlewat. Hanya mengidentifikasi beberapa detail utama, sebagian besar terlewat. Sulit mengidentifikasi detail utama dari teks.
| 4
3
2
1 |
3 | Kejelasan Menjawab | Menyampaikan jawaban dengan jelas dan lengkap, mencerminkan pemahaman penuh terhadap informasi tersurat dalam teks. Menyampaikan jawaban dengan cukup jelas dan sebagian besar sesuai dengan informasi tersurat. Jawaban kurang lengkap atau ada beberapa informasi yang kurang akurat dalam penjelasan. Jawaban tidak jelas atau mengandung banyak kesalahan, sehingga tidak sesuai dengan informasi tersurat
| 4
3
2
1 |
Kriteria | Nilai |
Isi | 10 = mencakup informasi dari tiga teks yang disediakan 9 = mencakup informasi dari dua teks yang disediakan 8 = mencakup informasi dari satu teks yang disediakan |
Koherensi | 10 = memperlihatkan koherensi yang sangat baik 9 = memperlihatkan koherensi yang baik 8 = memperlihatkan koherensi cukup baik |
Tanda baca | 10 = penggunaan tanda baca yang sangat tepat. 9 = penggunaan tanda baca yang tepat. 8 = penggunaan tanda baca yang cukup tepat |
Tata bahasa | 10 = penggunaan tata bahasa yang sangat tepat 9 = penggunaan tata bahasa yang tepat 8 = penggunaan tata bahasa yang cukup tepat |
Lampiran 1
LKPD 1
1. Read the following information about waste banks in Indonesia.
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXdBOtjZovtkVxuDF3WdSH1h45zuhShm2hgC7ggictv_ZqpNm3tGPue6BvKwORzoxE5yQIc2QhbMYCdxY3JQ_ZBmYgRa51w3wkqd7-EcliTpByazdne53aKoNAgkFsVUs3V7uLrepA?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
2. Write down the synthesis of each text.
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXeC0FzrCl1imSSTap-F6yJcuCdfmuSg60vq165ONfpjfJ5rRdmPSWLMclTL61BuHfxjJ6QPfBABpaYjKEz0PWFcrNQmkhj_GfwNISDlhizlIZeYHxfuV6djlL3DMKn491fxPuYylg?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
Lampiran 2
LKPD 2
1. Read the following text carefully and answer the questions.
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXc2bbfTS5jymAwgpbIOtLDMzrMRT7vC9YL5uj1ZvEssoJ0aT7jEEsaS_tNFlULGrJhb4v5zd8GLA3V_D01Iw_-33l7Odnd3Lp3Gt_SkZA4447BrsvPDHKE1vfqYl-gbhQPDaOwxeQ?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
2. Based on your previous knowledge about the picture and the text,
answer the following questions
![](https://lh7-rt.googleusercontent.com/docsz/AD_4nXeBBSZhYLNIJCr__J3L99epx48PGWTj_Vh2owhppPSMn1z-b15auBqrmczCW2BrVintboYT7iGb1dm7NZQvFKsdT6avWLpYV0K8NRiRhN15nE8ebEel2oMfZQxWEWw5JmCtYe-V1Q?key=UWQq3WfZoxYI1jBvLX877yry)
Komentar
Posting Komentar