Praktik mengajar yang telah saya lakukan pada hari Selasa 19 November berjalan dengan lancar. Saya merasa sukses dalam praktik mengajar saya kali ini dengan persiapan yang sudah saya siapkan jauh dari sebelum hari praktik. Bagian yang menurut saya berjalan dengan baik adalah saat pembukaan kelas lalu cara menyampaikan materinya sudah sesuai dengan alur yang saya buat. Selain itu juga, tujuan pembelajaran yang saya rancang dan modifikasi sudah bisa tercapai dengan kegiatan yang saya lakukan. Contohnya pada bagian MoT saya meminta siswa untuk menyimak video teks deskriptif dengan memperhatikan informasi tersurat yang ada dalam video tersebut. Hal ini sudah bisa mencapai tujuan pembelajaran yang saya pilih yaitu "Mengidentifikasi informasi tersurat deskriptive text." Lalu pada kegiatan JCoT dan ICoT sudah bisa mencapai tujuan pembelajaran yaitu "Mampu mensintesis dan mengevaluasi informasi inti dan informasi spesifik Descriptive Text." Pada kegiatan JCoT siswa disajikan 3 teks dan diminta untuk mensintesis ketiga teks tersebut lalu pada kegiatan ICoT siswa disajikan foto beserta teks dan diminta untuk mengevaluasi dari foto dan teks yang disajikan.
Menurut saya, tahapan pembelajaran berdasarkan GBA sangat menarik karena pembelajaran jadi lebih terstruktur. Walaupun begitu, saya mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan tahapan pembelajaran berdasarkan GBA. Salah satunya adalah pemahaman siswa yang beragam. Saya menyadari ketika melakukan praktik mengajar bahwa tidak semua siswa memiliki latar belakang atau kemampuan bahasa yang setara, sehingga beberapa mungkin kesulitan memahami tujuan pembelajaran pada tahap tertentu. Karena saya sendiripun sebelumnya tidak mengerti dengan tujuan pembelajaran yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris.
Selain itu, menurut saya kegiatan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan sudah sesuai. Mungkin nanti bisa ditingkatkan lagi dengan menyediakan teks deskriptif yang beragam tidak hanya terpaut pada buku. Selama proses praktik mengajar ini saya merasa berhasil menyampaikan materi konten karena hal ini sudah saya periapkan dari jauh jauh hari. 2 minggu sebelum tampil saya sudah mulai membaca baca terkait materi yang akan saya ajar, lalu mencari tahu suatu hal yang sekiranya kurang dimengerti. Hal ini membuat saya dapat menyampaikan materi konten dengan baik.
Cara saya mendorong siswa untuk perperan serta dalam pembelajaran adalah dengan mengadakan game di awal kelas, hal ini agar menarik minat belajar siswa. Saya rasa dengan kegiatan tersebut sukses mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran. Lalu cara saya menilai siswa selama proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik karena dalam kegiatan tersebut terdapat kegiatan secara berkelompok yang dimana akhir dari kegiatan tersebut siswa diminta untuk membacakan hasil yang mereka dapatkan. Hal ini dapat memudahkan saya mengukur sudah sejauh mana mereka paham akan materi dan tujuan pembelajaran tersebut.
Jika saya akan mengajar dengan materi yang sama, mungkin yang perlu saya ubah adalah teks teks yang disajikan bukan hanya dari buku ajar, lalu kemungkinan akan menambahkan kegiatan reading aloud. Selain itu, kemungkinan strategi yang saya rencanakan untuk memperbaiki penampilan berikutnya dengan mengadakan sesi umpan balik untuk memahami apa yang siswa sukai atau kesulitan yang mereka hadapi. Karena pada kegiatan praktik kemarin sesi umpan balik tidak ada, saya hanya memberikan link refleksi pembelejaran melalui grup, tidak melakukannya di kelas.
Komentar
Posting Komentar